Untuk tambahan catatan, perlu saya informasikan kepada teman-teman good people, bahwa sampai hari ini, saya masih hidup berdampingan setiap saat dengan Tempe dan Kacang Tanah yang merupakan asupan dari kecil.

Hampir setiap hari saya makan dua jenis makanan tersebut. Baik berupa aslinya yang digoreng atau direbus saja sampai yang diolah menjadi Bumbu Pecel dan Tempe sebagai pengganti Oncom untuk bumbu saos Tauge Goreng.

Sekarang saya mendapat tugas khusus mencicipi Kering Tempe hasil karya Iin. Dengan nama lengkap Iin Mariana Soesanto, ia adalah salah satu dari sedikit teman — dari lingkup kerja saya di Jakarta tahun 2004 -2005 — yang masih in contact.

Awalnya, saya hendak dikirimi produk Kering Tempe buatan Iin di pertengahan bulan Oktober 2020. Seperti biasa, saya selalu menyampaikan terlebih dahulu food restriction yang saya jalankan dengan disiplin supaya kirimannya tetep harus diberangkatkan atau tidak. Rupanya kiriman harus ditunda dulu. Bahkan saya pikir tidak akan ada kiriman buat saya.

Mengapa saya berpikir demikian?

Food Production dalam kategori mass-product sudah punya resep standard. So … Ngapain repot-repot mengubah resep hanya untuk konsumsi satu orang. Abaikan saja.

As simple as that pemikiran logis saya.

Ternyata … Pada hari Kamis tanggal 26 November 2020 pada sore hari, kiriman Iin dari Jelambar, Jakarta Barat tiba di rumah saya di Jimbaran, Bali.

Instantly saya membatin “sumpe si Iin sΓ©rius make an effort bikin resep baru dalam jangka waktu sebulan ini yak”.

Setelah bungkusan paket saya buka, kemudian saya lapor ke Iin bahwa kiriman telah tiba. Kantong Kering Tempe tanpa merek. Sekalian saya infokan kalau saya perlu beberapa hari untuk bisa menceritakan rasa dan kualitas Kering Tempe Kacang Kentang Bawang Putih buatannya. πŸ˜„πŸ˜³πŸ˜‹ Panjang bener namanya kalau disebut semua bahan campuran Kering Tempe tersebut.

Kering Tempe Kacang Made-in Iin Jakarta -namakubrandku Jeffrey Wibisono V. Makanan Minuman Gastronomi Foodie Kuliner Culinary Food and Beverage Influencer in Bali Indonesia, Blogger, Writer

Kering Tempe Kacang Made-in Iin Jakarta

Baiklah what’s next?

Silakan perhatikan di foto. Secara visual potongan tempe nya lebih besar dibandingkan yang beredar di pasaran. Tempe ini yang menarik perhatian saya pertama kali. Ketika saya ambil sepotong, kering tempe diantara jempol dan telunjuk saya arahkan ke mulut. Dengan bibir masih terkatup saya gigit si tempe. Dan kresh! Sepotong tempe gendut potongan panjang 2cm lebar 1cm tebal 1 cm ternyata beneran kering renyah tak terelakkan secara keseluruhan. Tempe kualitas pilihan.

Mulai saya mencari rasa si Kering Tempe yang otentik eksklusif ini. Baru satu ini yang beda dibanding semua yang beredar di pasaran berupa kemasan bahkan di warung-warung nasi kuningpun.

Kering tempe ini tidak berminyak dan bersalut gula. Terasa kasarnya di kulit jari waktu tadi saya mengambilnya tekstur kering caramelized sugar yang menempel di tempe goreng. Lalu ketika mulai saya kunyah terasa gurih. Balance rasa manis dan asinnya mondho-mondho ala Jawa Solo.

Kemudian saya beralih mencicip satu butir kacang tanahnya. Ummhhhh … Luar biasa. Ini kematangan kacang yang kita temukan di jajanan gula kacang atau ampyang.

Ada satu bahan lagi. Bawang Putih Goreng. Sekali lagi … Kresh! … Renyah Bawang Putih dengan rasa dan aroma asli Bawang Goreng yang tidak terkalahkan oleh salut gula. Saya suka!

Sekarang yang terakhir Kering Kentang. Disini saya merasakan semua rasa bumbu salut gula bersama renyahnya si Kering Kentang yang irisannya lebih tipis dibandingkan Bawang Putih.

Nampaknya seperti hanya rasa asin manis gurih biasa saja. Ternyata di Kering Kentang keluar semua campuran rasa bumbu gurih Bawang Merah juga Bawang Putih diperkuat aroma Daun Jeruk yang sengaja diikut sertakan dalam bentuk lembaran di dalam kemasan.

Di saat yang lain, saya mencoba menambahkan air perasan jeruk nipis untuk mencari sensasi rasa tambahan. Ternyata salut gula Kering Tempe Kacang Kentang Bawang Putih Made-in Iin mudah lumer. Ini Uenaaaaak … !!! Sesuai selera saya.

Jelas … Bahan yang dipakai adalah Gula Merah si Gula Kelapa. Atau Gula Aren?

Sekalian saja saya menanyakan harga jualnya ke Iin disini.

 

Teman-teman good people,

Silakan mengontak WA Iin Mariana Soesanto langsung buat yang penasaran dan hendak memesan Kering Tempe Kacang Made-in Iin Jakarta.

 

Akhirnya tak lupa saya sampaikan salam sehat sejahtera senantiasa buat teman-teman good people semua.

 

 

Bali, 30 November 2020

Jeffrey Wibisono V. @namakubrandku

Makanan Minuman Gastronomi Foodie Kuliner Culinary Food and Beverage Influencer in Bali Indonesia, Blogger, Writer