Kutipan Kata Bijak untuk panduan hidup

.

“My life is full of unlimited possibilities” atau terjemahan bebasnya “Hidupku penuh dengan kemungkinan tak terbatas” adalah quote atau kutipan kata bijak ditulis oleh  Pablo Valle. Quote ini begitu istimewanya buat saya, sumber motivasi dan bahkan saya cetak di sampul buku agenda saya sebagai pengingat setiap saat. Sungguh pilihan quote to live by, yang paling saya perhitungkan paling tepat untuk diri saya pribadi.

 

Hebatnya lagi, quote ini bisa sinkron dengan filosofi Jawa sebagai panduan hidup  sehari hari di jamannya. Pitutur tersebut sampai kepada saya di masa kanak-kanak sebagai wejangan si mbah. Katanya Alang-Alang Dudu Aling-Aling, Margining Keutamaan bahasa Indonesianya adalah Persoalan-persoalan dalam kehidupan bukan penghambat jalannya kesempurnaan.

Jadi… kata-kata filosofi Jawa ini ternyata juga se-universal pitutur-nya bule yang berbahasa Inggris.

Makna dari pemikiran tersebut dalam tindakan dalam kehidupan adalah walau aral-melintang, saya tidak boleh berpikir untuk lari dari permasalahan. Saya harus menghadapi dan menyelesaikan sampai tuntas. Segala solusi bisa dibuat dari kematangan pengalaman. Jadi segala persolan dan permasalahan sangat berharga untuk dijalani, dihadapi biarkan berproses.

 

Pasti anda tahu kalau sidik jari manusia tidak ada yang sama satu dengan yang lain. Seperti itulah pula persolan dan permasalahan hidup. Tidak ada yang sama persis, tetapi ada kemiripan. Sehingga solusi atau jalan keluar dari persolan dan permasalahan saya, akan berbeda dengan anda maupun orang lainnya lagi walau ada kemiripan dalam kejadiannya.

 

Buat saya hidup ini memang adalah kesempatan yang sangat tidak terbatas. Hidup ini menyenangkan dan memberikan hasil hasil yang berbeda-beda tergantung upaya kita.

Buktinya?

Paling gampang teman sekolah saya atau lebih spesifik teman kuliah satu jurusan Translator Interpreter.

Apakah mereka mempunyai karir dan kehidupan yang sama persis dengan saya?

Tentu saja tidak sama sekali. Ada yang mempunyai karir dan kehidupan lebih baik dari saya, ada yang sama menjadi pekerja hotel seperti saya, bahkan ada yang memilih tidak bekerja.

Maka….

Tetaplah selalulah berusaha melihat ketidak-terbatasan dalam hidup.  Sama dengan peristilahan di revolusi industri gen 4.0 saat ini yaitu ….. kita tidak perlu lagi “jump out of the box” karena di jaman ini sudah “NO BOX” dengan kecanggihan teknologi dari Artificial Intelligence – Kecerdasan Buatan.

.

.

#AlangAlangDuduAlingAling

#indahnyaberbagi

#bersamaitucolourful

.

Jeffrey Wibisono V.

Bali 29 Agustus 2019