Cara Bekerja di Sales Department di sebuah Hotel

Sales Department / Departmen Penjualan dari sebuah hotel bertanggung jawab untuk semua pendapatan biasa disebut total revenue. Dalam penjualan, Anda akan bertanggung jawab untuk misalnya banqueting seperti pemesanan pernikahan, acara perusahaan dan berbagai gathering yang diadakan di hotel. Anda juga akan bekerja secara langsung dengan klien dalam perencanaan acara mereka. Untuk alasan ini, Anda harus mengetahui seluk-beluk hotel Anda. Anda juga harus profesional dan ber-kepribadi-an ketika berhadapan dengan klien. Berikut adalah cara untuk bekerja di departemen penjualan di sebuah hotel. Dan teknik berjualan hotel di Bali dapat berbeda dengan daerah-daerah di Indonesia.

Petunjuk
• Ambil kelas pemasaran/marketing di perguruan tinggi ataupun short course. Bila Anda melakukannya, Anda akan belajar banyak hal tentang stategi, analisa dan review bagaimana membuat koneksi dengan klien potensial dan menjual hotel kepada publik. Ini tidak hanya dalam ilmu pemasaran tetapi beberapa kelas untuk ilmu yang ada korelasinya akan terlihat mengesankan di portofolio Anda.

• Pelajari keterampilan komputer dasar. Anda harus cukup ahli dengan pengolah kata, spreadsheet dan program email yang berbeda. Kursus pengantar dari setiap sekolah atau perguruan tinggi akan memberikan semua informasi yang Anda butuhkan.

• Carilah pengetahuan tentang hotel – product knowledge. Anda harus tahu rincian seperti berapa banyak kamar dan fasilitasnya di hotel, yang kamar suite dan apa penawaran khusus (jika ada) yang dipromosikan kepada tamu. Sebagian besar hotel akan menguji Anda secara intensif pada pengetahuan ini sebelum Anda dapat diterima dan masuk bekerja di departemen penjualan.

• Berupaya menapaki karir seperti menaiki anak tangga. Banyak personil di Sales Department di sebuah hotel benar-benar mulai di Front Office. Di Front Office, Anda akan ditempa mempelajari check-in, mengoperasikan perangkat lunak dan program komputer lain yang digunakan oleh hotel. Ini juga merupakan kesempatan untuk menampilkan keterampilan Anda bekerja dengan orang lain atau dalam tim. Mereka yang bekerja di Front Office hotel sering dihadapkan oleh tamu yang kurang ramah. Mampu menangani situasi afektif adalah cara terbaik untuk unjuk keterampilan serta bagaimana ketahanan Anda menghadapi situasi bekerja dalam tekanan.

• Membuat koneksi di daerah Anda. Berkunjung dan bergaul dengan komunitas gereja-gereja, kuil dan bisnis di kota Anda dapat menjadi langkah awal untuk mendorong bisnis ke hotel tempat Anda bekerja. Telepon dan email tempat-tempat tersebut dan presentasikan bagaimana hotel Anda dapat menampung mereka untuk berbagai acara.

Tips dan Peringatan

• Mampu menjual diri. Anda harus percaya diri dan berkepribadian ketika berhadapan dengan orang lain baik itu di telepon, secara pribadi ataupun melalui email. Ingatlah bahwa Anda, pada kenyataannya, menjual produk. Sebagai departemen penjualan dari hotel, Anda adalah wajah dari produk tersebut. Belajar dengan mengamati. Setiap hotel memanfaatkan departemen penjualan dalam cara yang berbeda (meskipun tujuan keseluruhan mirip). Perhatikan bagaimana cara orang lain dalam membuat kesepakatan dengan klien dan mampu mengubah situasi menjadi akrab. Setelah Anda melihat ini dalam tindakan, Anda akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana Anda harus bersikap terhadap klien. Penting untuk diketahui apa yang terjadi jika Anda berharap meninggalkan departemen penjualan. Jika Anda berhenti atau dipecat dari posisi Anda sebagai personil Sales, hampir setiap hotel akan memaksa Anda untuk meninggalkan pekerjaan Anda pada hari yang sama. Dalam banyak kasus, bahkan berjalan keluar dari wilayah kerja dengan pengawalan security.

• Jangan khawatir tentang program pembelajaran Hotel software tertentu sebelum Anda mulai bekerja di salah satu hotel. Setiap hotel akan memberikan setidaknya satu minggu pelatihan komputer sehingga Anda dapat menjadi paham dengan program ini. Jangan pernah berbagi informasi dengan hotel lainnya (confidentiality). Ini adalah cara yang dijamin untuk Anda tidak dipecat dari pekerjaan Anda.

Bali, 23 Maret 2014

Terjemahan bebas dari tulisan Andrew Smith, eHow Kontributor